Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peralatan Yang Digunakan Untuk Aquascape


Dalam membuat aquascape diperlukan beberapa alat yang tentunya berbeda dengan aquarium biasa, alat-alat yang digunakan tentunya lebih rumit dan lebih banyak. Kali ini admin akan berbagi Peralatan Apa Saja Yang Digunakan Untuk Aquascape seperti dibawah ini :

Aquarium - yang terpenting dalam aquascape adalah ukuran aquarium yang besar. Semakin besar semakin bagus, namun tingginya jangan sampai melebihi 70 cm dikarenakan agar tidak kesulitan ketika membersihkan aquarium.

Filter - dalam aquascape, filter sangat diperlukan dikarenakan untuk membersihkan air yang digunakan sebagai media aquascape. Sekaligus digunakan untuk proses biologi dari mikroba. Untuk filter sebaiknya yang berukuran besar agar proses pembersihan air lebih cepat. 

Substrat - substrat yang digunakan untuk dasar aquascape adalah pupuk dan pasir hitam, namun biasanya ditambah batu-batuan kecil.

Lampu - sumber cahaya yang digunakan dapat berupa sinar matahari maupun sinar yang berasal dari cahaya lampu, beberapa cahaya lampu yang dapat digunakan diantaranya : lampu flouresnce,Lampu metal halide,Lampu LED.

Automatic timer -pengatur waktu digunakan sebagai pengatur waktu cahaya lampu yang digunakan untuk mengatur waktu fotosintesis.

Pengatur suhu - digunakan untuk mengatur suhu agar suhu perairan tetap dalam suhu perairan normal.

Sumber karbon - Co2 adalah sumber karbon bagi tanaman untuk fotosintesis, biasanya di tambahkan melalui injeksi tabung co2, ini adalah salah satu perlatan yang tergolong mahal, di luar pengunaan tabung ada beberapa cara alternative serperti DIY co2 dengan gula dan ragi, Carbon cair.

Aerator - digunakan sebagai pembentuk gelombang yang berguna untuk pertukaran oksigen di air.



Sekian Peralatan Yang Digunakan Untuk Aquascape yang dapat admin share, semoga bermanfaat bagi aquascaper pemula.

Post a Comment for "Peralatan Yang Digunakan Untuk Aquascape"