Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencari Jurnal Ilmiah Nasional Dan Internasional




Bagi sebagian mahasiswa mungkin mencari jurnal merupakan hal yang membosankan dan menyita waktu. Apalagi jika jurnal yang kita cari sedikit sekali orang yang meneliti dan membuatnya. Nah, sesuai dengan judul yang admin tulis kali ini, admin akan berbagi cara-cara mencari jurnal ilmiah nasional dan internasional. Langsung saja berikut cara-cara tersebut :

1. Science Direct

Sebenarnya mencari jurnal di science direct lebih mudah dan lebih akurat dalam pencarian kata kunci, namun kelemahan dari science direct adalah tidak semua jurnal yang disediakan gratis, sebagian berbayar dan harga untuk sebuah jurnal juga kurang terjangkau bagi mahasiswa. Namun di beberapa universitas di indonesia memberikan fasilitas bebas mengunduh jurnal di science direct.

2. Google 

Untuk mencari di google biasa tidak bisa sembarangan, karena di kotak pencarian ditambahkan *.pdf untuk mempermudah pencarian. Namun diperlukan ketelitian dan kesabaran dikarenakan google melakukan pencarian secara universal.

3. Google Scholar

Saat ini google scholar masih menjadi senjata ampuh mahasiswa dalam mencari jurnal. Kelebihan dari google scholar ini lebih baik dan akurat dari google biasa, dan juga jurnal yang kita cari  biasanya tinggal download saja. Namun kelemahan dari google scholar adalah kita harus mendownload dahulu jurnal tersebut untuk mengetahui apakah jurnal tersebut sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Sekian cara mencari jurnal nasional dan internasional yang dapat admin share pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu mahasiswa yang kedulitan mencari jurnal.

Post a Comment for "Cara Mencari Jurnal Ilmiah Nasional Dan Internasional"