Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Kiper Legendaris Indonesia


Tidak hanya negara eropa dan amerika latin saja yang memiliki kiper legendaris, negeri kita tercinta pun juga punya kiper legendaris meskipun namanya tak setenar peter schmeichel, dino zoff, oliver khan, gianluigi buffon, iker casillas, ke-5 kiper ini patut dicatat prestasinya selama menjaga gawang skuad garuda. Siapa sajakah ke-5 kiper legendaris indonesia ? berikut kiper legendaris tersebut :

1. Maulwi Saelan

Kiper kelahiran Makassar ini menjadi saksi hidup perjalanan timnas indonesia berlaga di olimpiade melbourne, Australia. Laju timnas indonesia terhenti di perempat final saat menghadapi Uni Soviet. Laga berjalan dramatis dan berakhir dengan skor 0-0 meskipun sudah diadakan perpanjangan waktu 2x15 menit. Sesuai aturan yang berlaku saat itu, jika laga berakhir dengan skor imbang maka laga harus diulang. Namun sayang sekali pada laga ulangan timnas indonesia takluk 0-4 dari uni soviet. Selain menjadi pemain timnas, maulwi saelan juga pernah menjadi ketua pssi pada periode 1964-1968..

2. Ronny Pasla

Kiper kelahiran medan ini berkiprah di belantika sepak bola mulai tahun 1960an sampai awal tahun 1970an. Dengan tinggi badan 183 cm, ronny pasla dipercayai menjaga gawang timnas indonesia selama hampir 7 tahun. Saat timnas brazil mengadakan tur ke asia pada tahun 1972 yang saat itu brazil diperkuat oleh legenda dunia, pele. Meskipun laga persahabatan ini berakhir dengan kekalahan timnas indonesia dengan skor 1-2 dari timnas brazil, ada yang perlu dibanggakan dari laga ini yaitu keberhasilan ronny pasla menghentikan pinalti yang diambil oleh pele. Prestasi ronny bersama timnas : juara piala Agakhan di bangladesh (1967), juara merdeka games (1967), peringkat 3 saigon cup (1970), dan kampiun pesta sukan singapura (1972).

3. Yudo Hadianto

Yang menjadikan pengalaman berkesan dari yudo hadianto adalah menahan serbuan dari pemain luar negeri seperti leeds united, benfica, dinamo moskwa, dan klub luar negeri yang lain yang memang pada era yudo banyak yang singgah di indonesia. Prestasi yudo selama menjaga gawang timnas indonesia antara lain : juara merdeka games (1962,1969,1974), piala raja thailand (1978), piala agakhan bangladesh (1978).

4. Eddy Harto

Eddy harto menjadi pahlawan bagi timnas indonesia meraih kemenangan di sea games 1991. Sebelum membawa pulang medali emas, timnas indonesia yang gawangnya dijaga eddy harto harus melibas malaysia 2-0, menang atas vietnam 1-0, menang atas  filiphina 2-1, menyingkirkan singapura 4-2 di semifinal melalui adu pinalti, dan mempermalukan thailand dengan skor 4-3 yang juga melalui adu pinalti.

5. Hermansyah

Nama hermansyah terkenal di era 1980an. Hermansyah selalu menjadi langganan penjaga gawang timnas indonesia di era 1983 sampai awal 1990an. Prestasi hermansyah sendiri adalaha nyaris membawa indonesia berlaga di piala dunia 1986 meksiko. Kalaitu indonesia dikandaskan 1-3 oleh korea selatan di jakarta, dan dikandaskan lagi 0-2 ketika melawat ke korea selatan.

Siapa lagi kiper indonesia yang akan menyusul ke-5 kiper andalan timnas yang sudah menjadi legenda ? kita tunggu saja bibit muda indonesia yang mampu mengalahkan prestasi dan nama besar ke-5 kiper legenda timnas indonesia.

1 comment for "5 Kiper Legendaris Indonesia"

  1. Apa kabar sobb..??
    maap ye gw baru mampirr..

    gw sibuk PKL hehehehe...

    Nanti kalo gw udah beli laptop bakal sering mampir di postingan lu dah...

    Oke oke..??

    ngomong-ngomong keren juga postingan nya..

    ReplyDelete