Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Jurusan Di Perguruan Tinggi Sesuai Minat


Masa akhir SMA menjadi masa kegalauan para siswa kelas 3 yang sebentar lagi lulus. Hanya ada 3 pilihan yang akan anda dapat ketika anda lulus SMA yaitu melanjutkan kuliah, bekerja, dan tidak melanjutkan kuliah maupun kerja. Nah yang admin bahas kali ini adalah salah satu dari pilihan tersebut yaitu melanjutkan kuliah. Sesuai dengan judul artikel admin diatas, Tips Memilih Jurusan Di Perguruan Tinggi Sesuai Minat tentu menjadi masalah yang harus diatasi setelah memilih 3 pilihan. Tidak sedikit mahasiswa yang salah jurusan karena tak sesuai dengan bakat dan minat mereka, sehingga banyak dari mereka yang salah jurusan yang mengulang kuliah di jurusan lain yang tentunya mengeluarkan uang lebih lagi, agar tidak salah jurusan ketika setelah lulus SMA, silakan simak tips-tips dari admin berikut ini :

1. Jangan Gengsi

Nah, maksud dari jangan gengsi ialah jangan kuliah berdasarkan jurusan yang passing grade/jurusan yang terkenal, karena jurusan yang PGnya maupun jurusan yang terkenal jika anda tidak memiliki bakat di bidang jurusan tersebut, itu sama saja akan membuat anda tidak nyaman dan ujung-ujungnya anda akan gagal melanjutkan kuliah. Pilih saja jurusan yang sesuai dengan bakat yang anda miliki karena itu akan mempermudah anda untuk kuliah. Jangan kejar prestise, tapi kejar prestasi

2. Sesuai kemampuan dan bakat

Yang wajib diperhatikan adalah sesuai kemampuan dan bakat, karena sekarang ini banyak jurusan yang sudah mencakup semua kemampuan dan bakat. Jika bakat anda dibidang komputer namun kemampuan (kemampuan dilihat dari nilai-nilai pelajaran anda, passing grade, dan jumlah pemunat jurusan) anda tidak mencukupi untuk masuk teknik informatika, anda dapat mencoba di jurusan desain produk,sistem informasi maupun jurusan lain yang sebidang.

3. Sesuai kemampuan keuangan orang tua

Meskipun sekarang ini ada program bidik misi, namun tidak semua jurusan tidak dapat digunakan untuk program bidikmisi karena banyaknya praktek. Namun progran bidikmisi hanyalah untuk caln mahasiswa yang orang tuanya kurang mampu. Untuk yang orang tuanya mampu, tentu harus pintar-pintar memilih universitas dan jurusan, karena biaya yang dikeluarkan untuk menjadi mahasiswa  di beberapa universitas dan jurusan berbeda bergantung dengan fasilitas dan banyak tidaknya praktik yang akan dijalani.

4. Masukan dari orang tua maupun guru

Masukan untuk memilih jurusan sangat diperlukan karena setiap orang memiliki kemampuan untuk menilai bakat yang kita miliki, jadi ketika anda bingung memilih jurusa. Jadi jangan malu-malu untuk meminta masukan dari orang tua maupun guru anda.

5. Doa restu orang tua

Apa hubungannya doa restu orang tua dengan memilih jurusan ? jawabannya sangat berhubungan karena doa restu orang tua akan mempermudah jalan kita untuk memilih jurusan yang kita inginkan dan sebagai tanda bahwa orang tua kita menyetujui jurusan yang kita pilih.

Sekian Tips Memilih Jurusan Di Perguruan Tinggi Sesuai Minat yang dapat admin share, jika ada kekurangan mungkin akan admin tambahkan lagi. Semoga tips ini bermanfaat bagi anda yang sebentar lagi masuk bangku perkuliahan stelah masa SMA.

Post a Comment for "Tips Memilih Jurusan Di Perguruan Tinggi Sesuai Minat"