Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Bakso Yang Enak


Bakso merupakan salah satu makanan asli indonesia yang terkenal dan mendunia. Penjual makanan inipun sudah menjamur dan mudah di temui dikota besar maupun desa yang kecil sekalipun. Meski akhir-akhir ini bakso diguncang kabar buruk akibat ulah penjual-penjual yang nakal, bakso tetap menjadi primadona dimana-mana. Jika anda ingin menikmati bakso buatan anda sendiri yang tentunya lebih aman, berikut Cara Membuat Bakso Yang Enak versi admin yang patut anda coba :

Bahan-bahan :

- 1 kg daging sapi giling (bisa divariasi sesuai keinginan anda)
- 1 ons tepung kanji
- 6 siung bawang putih
- 1 sdm garam
- 1/2 sdt merica bubuk
- Penyedap rasa secukupnya

Langkah-langkah membuat bakso :

1. Haluskan bawang putih, bisa ditumbuk maupun diblender
2. Campur adonan bawang putih yang sudah dihaluskan kedalam adonan daging sapi giling,tepung kanji,merica, dan penyedap rasa.
3. Kemudian aduk adonan hingga merata dan digiling menggunakan gilingan agar adonan merata kurang lebih 10-12 menit.
4. Setelah adonan tercampur dengan rata, kemudian bentuk adonan menjadi bulatan/bentuk bakso dan bentuknya sebisa mungkin jangan terlalu besar karena jika terlalu besar juga lama matangnya. Untuk membuat bulatan bisa dengan tangan, sendok maupun alat yang lain.
5. Setelah itu, masukkan adonan yang berbentuk bulat tadi ke dalam air panas selama 10-15 menit atau sampai matang. Tanda adonan bakso sudah matang adalah adonan mengapung dipermukaan air panas.
6. Angkat bakso kemudian tiriskan dan kemudian simpan di kulkas maupun diruang tertutup.

Bahan dan bumbu kuah bakso :

- Tulang sapi/urat/usus/daging
- Air
- Bawang putih 5 siung, digoreng kemudian dihaluskan
- Bawang merah 4 siung, digoreng kemudian dihaluskan
- Bawang goreng 1/2 sdm kemudian haluskan
- Gula 2 sdt
- Garam 1 sdm
- Lada 1/2 sdt
- Daun bawang 4 batang, ambil bagian putihnya saja
- Kaldu sapi buatan/instan 2 sdt

Cara membuat kuah bakso :

- Rebus semua bahan dan bumbu bersama air hingga mendidih, stelah mendidih kecilkan api kemudian masukkan bakso dan bahan-bahan pelengkap seperti tahu,siomay,daun seledri, bawang goreng dll.

NB : jika anda malas membuat kuahnya, sekarang sudah ada kuah bakso instan yang dibuat oleh salah satu perusahaan pembuat penyedap instan.

Sekian Cara Membuat Bakso Yang Enak, semoga bermanfaat dan membantu anda yang ingin membuat bakso bikinan sendiri yang lebih sehat dan aman. Jika pembaca ingin request resep makanan lain, silakan tinggalkan komentar dibawah ini.

Post a Comment for "Cara Membuat Bakso Yang Enak"