Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Sukses Bermain Stronghold Crusader


Stronghold Crusader adalah salah satu game RTS yang terlaris di Abad 21. Game yang dikembangkan firefly studios ini sekarang sudah mencapai seri stronghold ke 3, namun yang terlaris adalah Stronghold Crusader. Kali ini admin akan share Tips Sukses Bermain Stronghold Crusader baik Tips Sukses Bermain Stronghold Crusader biasa maupun versi ekpansinya. Berikut Tips Sukses Bermain Stronghold Crusader menurut admin :

1. Hal pertama yang harus anda perhatikan ketika anda bermain adalah menguasai area rumput hijau yang sangat penting bagi pertanian dan peternakan, dan jangan lupa tempatkan pemanah,crossbowman,dan knight diarea tersebut

2. Ketika membangun benteng, maksimalkan keadaan alam seperti tebing sebagai benteng alam anda, gunakan gerbang dan tembok agar wilayah anda tertutup dan tidak mudah diserang musuh.

3. Gunakan kombinasi 6:3:1 yaitu 6 pemanah, 3 crossbowman, dan 1 flamethrower/enginer yang membawa minyak panas. Anda juga bisa menggunakan kombinasi 5:4:1, terserah anda cocok dengan kombinasi yang mana untuk menempatkan ditembok/tower benteng.

4. Jika anda melalukan penyerangan ke benteng lawan, carilah dulu letak kelemahan benteng tersebut (maksud admin kelemahan benteng tersebut adalah benteng yang temboknya tipis dan minim pemanah/crossbow/flamethrower/enginer)

5. Jika anda akan melakukan serangan maka gunakan horse archer sebagai pembuka serangan dan juga pembuka jalan bagi knight anda (saran admin jika melakukan serangan lebih baik gunakan knight yang berbaju cross di tengahnya daripada knight pasukan arab, ini dikarenakan pasukan knight berbaju cross lebih kuat daripada knight arab, tidak percaya ? coba saja)

6. Buat penduduk senang dengan membangun seperti gereja,taman bunga, patung, kuburan,hotel dll.

7. Dalam penyerangan, buat pasukan anda terbagi atas beberapa kelompok agar mudah melakukan backup ketika pasukan penyerang utama mengalami kekalahan.

8. Jika anda melakukan penyerangan, anda bisa membagi beberapa grup seperti ini :
- Grup Penghancur : Trebuchet, Catapult, Ballista , Tunneler
- Grup Pembuka Serangan : Horse archer, Knight with horse
- Grup Pelindung : Archer, Crossbowman
- Grup Penyerang : Terbagi atas :
* Grup Penyerang Awal : Assasins, Maceman, Pikeman
* Grup Penyerang Utama : Knight, Pikeman
- Grup Penutup : Knight with horse, Knight, Maceman

9. Gandakan orang yang bekerja di bangunan-bangunan maupun kebun dengan cara pencet tombol 'P' sesudah memilih tempat kerja, kemudian klik icon Z Z Z atau tidak bekerja kemudian klik icon itu lagi kemudian pencet tombol 'P' lagi.

10. Bangunlah stockpile,granary,maupun armory sebanyak mungkin ketika wilayah anda sangat luas.

11. Untuk memperkuat benteng anda, buatlah moat/parit didepan benteng.

12. Buatlah tower sebanyak-banyaknya diwilayah pertahanan anda.

13. Ketika ada kebun/bangunan anda diluar benteng, maka buatlah pasukan fast response yang bisa terdiri dari maceman maupun knight with horse.

14. Jika dalam peperangan pasukan anda kalah, maka segeralah tarik mundur agar anda dapat membangun pasukan yang lebih besar lagi.

15. Barang termahal jika anda jual adalah makanan dan besi.

Sekian Tips Sukses Bermain Stronghold Crusader, semoga dapat membantu anda dalam bermain Stronghold Crusader. Jika tips diatas ada yang kurang maka admin akan menambahkannya.

4 comments for "Tips Sukses Bermain Stronghold Crusader"

  1. numpang sedot ya gan!

    ReplyDelete
  2. Wah, Bisa nih Tipsnya :-d
    Ane main ini sering kalah ;(
    Thx gan Tipsnya :)

    ReplyDelete
  3. boleh juga tips sukses nya haha, nice!

    ReplyDelete
  4. gan!!! tip untuk menimbun kembali galian parit yang kita buat ?? gman triknya ???

    ReplyDelete