SNMPTN Tulis Dihapus Tahun 2013, Bagaimana Nasib Anak Jujur Yang Ingin Kuliah ?

blogger templates

Pada bulan Desember ini, SNMPTN tulis resmi dihapus untuk tahun 2013. Menurut admin, tindakan penghapusan SNMPTN tulis ini sangat merugikan bagi siswa yang baru lulus SMA. Meski tahun depan SNMPTN tulis berganti nama menjadi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), tetap saja SNMPTN tulis lebih baik dari SBMPTN. Apalagi tahun 2013 SNMPTN undangan diperbanyak koutanya sehingga tidak sedikit sekolah-sekolah melakukan kerjasama ilegal dengan muridnya, sehingga terkadang siswa yang seharusnya mendapat jatah mengikuti SNMPTN undangan tidak mendapat jatah karena akibat kerjasama ilegal antara sekolah dengan murid. Sudah 48 sekolah di Malang dan 3 sekolah di Yogyakarta yang terkena blacklist tidak boleh mengikuti SNMPTN selama 1 tahun. Meskipun begitu, masih banyak sekolah yang melakukan kerjasama ilegal yang masih belum terkena black list.

SNMPTN tulis merupakan jalur yang paling diincar pada tahun 2012 karena biaya masuk PTN lebih murah dibanding jalur yang lain dan juga kesempatan bagi siswa-siswa yang jujur untuk masuk PTN (Karena tingkat kecurangan pada jalur ini sangat minimal). Pada tahun 2012 saja kouta 150.000 kursi PTN harus diperebutkan oleh hampir 700.000 siswa yang baik baru lulus dari SMA maupun yang mengulang lagi. 

Tahun depan kouta SNMPTN undangan menjadi 50 %, itu menandakan bahwa pemerintah lebih percaya pada hasil raport dan UN daripada SNMPTN tulis, sungguh ironis memang. Apalagi sistem pendaftaran SNMPTN sekarang ini lebih rumit daripada tahun lalu.

Bagaimana menurut anda ? pernyataan diatas hanyalah opini admin semata, terserah anda boleh setuju maupun kurang setuju dengan opini admin. Semoga sukses dan berhasil masuk PTN yang diinginkan bagi para siswa yang akan mengikuti SNMPTN 2013.

0 Response to "SNMPTN Tulis Dihapus Tahun 2013, Bagaimana Nasib Anak Jujur Yang Ingin Kuliah ?"

Post a Comment