Detik-detik Jatuhnya Sukhoi SSJ 100 di Gunung Salak

blogger templates

Setelah beberapa bulan berlalu, kemarin malam KNKT merilis hasil investigasinya selama ini di kantor KNKT. Kecelakaan Sukhoi SSJ 100 yang menewaskan 45 orang tersebut diakibatkan oleh human error. Berikut ini detik-detik jatuhnya Sukhoi SSJ 100 yang admin kutip dari DetikNews :

Pukul 14.24 WIB, Pilot berkomunikasi dengan Jakarta Approach dan memberi info bahwa pesawat berada pada radial 200 HLM VOR dan mencapai ketinggian 10.000 kaki.

Pukul 14.26 WIB, Pilot meminta izin menurunkan pesawat di ketinggian 6000 kaki serta membuat orbit ke kanan atau lintasan melingkar ke kanan. Izin diberikan oleh Jakarta Approach, tujuan pilot menurunkan ketinggian dan membuat orbit adalah agar pesawat tidak terlalu tinggi untuk proses pendaratan di bandara Halim Perdanakusuma.

Pukul 14.32 WIB, Berdasarkan waktu yang tercatat di FDR, Pesawat menabrak Gunung Salak pada radial 198 dan 28 Nm HLM VOR dengan ketinggian 6.000 kaki dpl. 38 Detik sebelum pesawat menabrak gunung, Terrain Awareness Warning System memberi peringatan dengan suara: TERRAIN AHEAD, PULL UP dan kemudian diikuti oleh 6 kali suara peringatan 'AVOID TERRAIN'. PIC (Pilot in command) mematikan TAWS tersebut karena beranggapan bahwa peringatan diakibatkan database yang error. 7 Detik sebelum pesawat menabrak gunung, muncul peringatan berupa suara: LANDING GEAR NOT DOWN berasal dari sistem peringatan pesawat. Peringatan LANDING GEAR NOT DOWN aktif ketika pesawat berada pada ketinggian kurang lebih 800 kaki di atas permukaan tanah dan roda pendarat belum dikeluarkan.

Pukul 14.50 WIB, Jakarta Approach menyadari bahwa pesawat Sukhoi SSJ 100 hilang di layar radar, tidak ada bunyi peringatan sebelum hilangnya pesawat Sukhoi dari radar.


Dengan munculnya hasil investigasi dari KNKT tersebut, admin beranggapan bahwa kejadian ini diakibatkan oleh kesalahan pilot dalam membaca peringatan, meskipun sang pilot sukhoi tersebut sudah memliki pengalaman dan jam terbang tinggi. Semoga dengan munculnya hasil investigasi ini, diharapkan penerbangan Indonesia tidak terjadi musibah seperti ini lagi.

0 Response to "Detik-detik Jatuhnya Sukhoi SSJ 100 di Gunung Salak"

Post a Comment