Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kemana setelah lulus SMA ?


Bingung akan kemana setelah lulus SMA bukanlah hal yang jarang kita temukan disekitar masyarakat kita. Bagi yang memiliki keuangan lebih mungkin akan melanjutkan ke perguruan tinggi, namun bagi yang memiliki keuangan pas-pasan mungkin tidak melanjutkan belajar atau bekerja menjadi pilihan yang terbaik.

Menurut admin, jalan yang terbaik setelah lulus SMA adalah melanjutkan ke perguruan tinggi ataupun sekolah keterampilan. Alasan admin memilih melanjutkan ke perguruan tinggi atau sekolah keterampilan adalah setidaknya kita memiliki bekal ilmu yang cukup didunia kerja dan juga menjadi kemampuan cadangan jika kita terkena PHK, setidaknya kita memiliki kemampuan untuk melamar pekerjaan lain dengan ilmu yang kita miliki.

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tak hanya untuk orang yang berkantong tebal, karena sekarang ini orang yang kurang mampu pun bisa kuliah diperguruan tinggi dengan program beasiswa dan bidik misi yang diadakan oleh pemerintah. Namun jika kita menginginkan belajar di sekolah keterampilan tentunya juga membutuhkan biaya yang besar namun dapat ditekan dengan beasiswa yang biasanya diadakan sekolah.

Jika setelah lulus SMA anda bekerja, anda sungguh sangat rugi karena di SMA hanya diajarkan teori saja, bukan praktek. Seharusnya anda yang menginginkan bekerja setelah lulus SMA seharusnya anda masuk SMK karena SMK mengajarkan praktek dan langsung terjun ke lapangan kerja setelah lulus SMK.

Menganggur bukanlah pilihan bagi semua orang, namun menganggur tidak dapat dihindari jika kita bermalas-malasan dan kurang berusaha melanjutkan belajar di perguruan tinggi maupun bekerja. Menganggur sama saja dengan membuang-buang waktu yang seharusnya dapat anda gunakan untuk hal yang bermanfaat bagi semua orang.

Kemanapun anda setelah lulus SMA adalah pilihan anda sendiri, admin hanya memberikan opini yang mungkin dapat menjadi pertimbangan anda dalam menentukan jalan yang akan anda tempuh dimasa depan anda. Kurang lebihnya admin mohon maaf dan juga admin tunggu opini dari anda..

Post a Comment for "Kemana setelah lulus SMA ?"