4 kriteria memilih jodoh yang perlu dipertimbangkan menurut hadist Rasulullah s.a.w

blogger templates

Mencari jodoh adalah hal yang diwajibkan bagi bagi setiap muslimin. Kita tidak hanya dituntut untuk mencari saja, namun kita juga dituntut untuk berserah diri kepada Allah ketika memilih jodoh. Rasulullah pernah bersabda : 

“Wanita itu dikawini karena hartanya atau kecantikannya, keturunannya atau agamanya, maka hendaklah kau memilih yang mempunyai agama yang kukuh, niscaya anda akan bernasib baik.”

Dalam hadist diatas, kita patut memperhatikan 4 hal dalam memilih jodoh. 4 kriteria tersebut adalah Agama,kecantikan,keturunan, dan harta. Berikut ini adalah penjelasan tentang 4 kriteria tersebut :

(1) Agama 
 
Hendaklah isteri itu seorang yang shaleh dan berpegang teguh kepada agamanya. Yang termasuk dalam kategori agama adalah baik budi pekertinya, akhlaknya. Inilah sebaik-baik pilihan.


(2) Kecantikan 
 
Manis atau cantik rupanya, ini juga sering dituntut oleh orang karena dengannya akan terpelihara diri dari mencari yang lain (jodoh yang lain), sebab tabiat manusia biasanya tidak pernah puas dengan isteri yang buruk rupa. Jika disebutkan supaya memilih yang teguh agamanya bukanlah berarti melarang memilih yang cantik rupanya.

(3) Keturunan baik 
 
Hendaklah wanita itu dari golongan keturunan yang baik, maksudnya dari kaum yang terkenal menjaga urusan agamanya dan termasyhur dengan perjalanannya yang lurus. Sebab wanita dari rumah tangga yang seumpama itu akan memelihara dan mendidik putera-puterinya pada jalan yang diridhoi oleh Allah dan Rasul-Nya.

(4) Harta 
 
Ada juga yang memilih jodoh karena calon istri/suami punya harta yang banyak. Inipun tidak dilarang. Tetapi sebaik-baik pilihan adalah karena agama.

Demikian 4 kriteria memilih jodoh yang perlu dipertimbangkan menurut hadist Rasulullah s.a.w . Semoga bermanfaat sebagai pengetahuan dan juga menjadi dasar anda dalam memilih jodoh.

5 Responses to "4 kriteria memilih jodoh yang perlu dipertimbangkan menurut hadist Rasulullah s.a.w"

  1. Maaf, pesan dalam hadits ini tidaklah demikian, hadits ini menerangkan bahwa biasanya org2 khususnya masa jahiliyah, dan masih terjadi pada masa sekarang, adalah bahwa Wanita itu dikawini karena hartanya atau kecantikannya, keturunannya atau agamanya. dan Rasulullah Menekankan bahwa agamalah yg terpenting dari itu semuanya.

    ReplyDelete
  2. untuk hadist, saya mengcopy dari dari aplikasi, mohon maaf kalau terjadi kesalahan.
    dan dibawahnya sudah saya tegaskan bahwa agamalah yang terpenting

    ReplyDelete
  3. tapi kayaknya aku juga pernah mebaca 4 kriteria ini. tapi aku lupa HR siapa.
    anyway, kalau ada yang punya referensi soal ini dan punya penjelasan yang baik tolong di share..

    My email : dh4ni3l.ichi.san@gmail.com
    terima kasih

    ReplyDelete
  4. tetap yang agama lebih prioritas

    ReplyDelete
  5. terima kasih artikelnya.

    bisnis tiket pesawat mantap www.kiostiket.com

    ReplyDelete