Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mendatangkan pengunjung ke blog kita

"Pengunjung" sebuah kata yang sangat penting bagi blogger. Tanpa pengunjung sebuah blog tidak akan pernah terkenal secepat apapun. Itu menunjukkan betapa pentingnya pengunjung bagi kelangsungan hidup sebuah blog. Jika anda masih kesulitan mendatangkan pengunjung atau anda masih hijau dalam dunia blog (newbie), disini saya akan share beberapa cara untuk mendatangkan pengunjung ke blog kita. Berikut cara mendatangkan pengunjung ke blog kita yang perlu diperhatikan menurut saya :

1. Tema blog

Tema blog sangat berperan dalam mendatangkan pengunjung, carilah tema yang sedang trending topik. Misalnya : wallpaper artis, profil artis dll.  Biasanya blog dengan tema yang sedang tren saat ini banyak dicari oleh anak muda, dan jika tema blog anda sesuai dengan keinginan mereka, biasanya mereka akan rajin mengunjungi blog anda.

2. Template blog

Template blog yang SEO friendly lebih banyak disukai pengunjung karena template yang ringan,tidak memakan waktu dan bandwith dan navigasi yang mudah. Kurangi widget yang tidak penting, dan hanya pakai widget yang membantu pengunjung saja  (seperti tag,custom search, follow button). Jika Template blog anda terlalu variatif dan terlalu banyak widget, dipastikan anda hanya dapat mendatangkan sedikit pengunjung saja.

3. Konten / Artikel

Konten yang paling dicari pengunjung adalah konten yang unik,variatif, dan terbaru. Konten yang unik adalah konten yang berbeda dari yang lain. Konten tang variatif adalah konten yang menampilkan isi tidak monoton (konten monoton biasanya hanya terdiri tulisan saja tanpa gambar/foto sedikitpun) agar tidak monoton, gunakan gambar/foto secukupnya. Konten yang terbaru adalah konten yang masih fresh belum pernah ditampilkan sebelumnya, dan juga biasanya mengulas sesuatu yang sedang trending topik. Pasikan bukan konten hasil 100 % COPAS dari konten orang lain, boleh anda mengambil inti dari konten orang lain tapi anda harus membuat yang baru. Kalau misal anda terpaksa COPAS, pastikan anda meminta ijin kepada pembuat konten dan juga menyertakan link sumber konten. Konten hasil COPAS biasanya membuat pengunjung bosan, misalnya pengunjung sedang mencari konten tentang artis, namun konten yang dicari sama dari blog yang berbeda, itu yang membuat pengunjung malas mengunjungi blog yang hasil COPAS 100%.

4. Promosi

Promosi juga termasuk salah satu hal yang sangat penting menurut saya karena 50 % (dengan asumsi 35 % pengunjung tetap dan 15 % pengunjung yang mencari info) pengunjung datang lewat jalur promosi. Media pormosi yang menurut saya paling menjanjikan adalah lewat social bookmark seperti lintas.me . Selain melalui social bookmark anda juga bisa promosi lewat jejaring sosial dengan cara membuat halaman yang berisi tentang konten terbaru dari blog anda. Kemudian anda juga dapat promosi lewat komentar anda di blog orang lain ataupun lewat chatbox, cara yang lain juga dapat promosi lewat forum seperti kaskus, indonesianblogger, ataupun adsense id. Jika anda kurang puas, anda dapat promosi offline lewat brosur (tentunya membutuhkan budget yang lebih) ataupun promosi lewat teman anda.

Demikian share pengetahuan saya tentang cara mendatangkan pengunjung ke blog kita. Silahkan anda coba dan semoga berhasil.

9 comments for "Cara mendatangkan pengunjung ke blog kita"

  1. saya setuju. makasih banget tuk infonya ya

    ReplyDelete
  2. makasih tipsnya moga beranfaat...,kunjungan balik gan..

    ReplyDelete
  3. @dimas : iya gan sama2

    @samsugaa : siap meluncur ke tkp gan

    ReplyDelete
  4. Kebetulan nich...baru menemukan info cara mendatangkan pengunjung blog ane lagi cari

    ReplyDelete
  5. pas banget infonya gan terima kasih banyak saya coba

    ReplyDelete
  6. matur nuhun kang infonya sangat bagus bisa diterapkan

    ReplyDelete