Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara melindungi akun Facebook dari orang yang tidak bertanggung jawab

            
Pernahkah akun facebook anda dibajak oleh orang lain ? dan apakah anda tahu cara orang lain membajak akun facebook anda ?. Sebenarnya orang yang membajak akun anda tersebut hanya menggunakan cara yang sederhana, salah satunya yaitu fitur "forgot password" yang ada di homepage facebook. Fitur "forgot password" terkadang bisa menjadi penyelamat sekaligus bencana bagi akun anda. Berikut cara mengamankan akun facebook anda dari orang yang tidak bertanggung jawab :

1. EMAIL

Email merupakan hal yang sangat penting ketika anda ingin login. Jika email anda diketahui banyak orang akan mudah juga akun facebook anda dibajak oleh orang lain. Fitur forgot password memerlukan email ketika anda lupa password, fitur inilah yang akhirnya banyak disalahgunakan orang lain.
Cara menangani : Sembunyikan alamat email dari informasi yang ditampilkan ke orang lain, untuk menggantinya di pengaturan privasi dan pastikan hanya anda seorang yang tahu email anda.

2. Informasi kontak

Informasi kontak biasanya digunakan orang yang ingin membobol akun ketika akun anda menggunakan pertanyaan keamanan.Dan juga sekarang ini banyak aplikasi yang meminta izin berbagi kontak informasi anda dengan aplikasi yang anda gunakan. Karena sekarang ini banyak aplikasi facebook yang ternyata hanyalah aplikasi tipuan belaka.
Cara menangani : sembunyikan informasi kontak anda melalui pengaturan privasi. Buatlah pertanyaan keamanan yang sangat sulit dijawab namun hanya anda saja yang tahu. Pastikan anda hanya menggunakan aplikasi yang dapat dipercaya, jika aplikasi yang akan anda gunakan meragukan dan aplikasi tersebut meminta anda berbagi informasi akun maka tinggalkan saja karena itu termasuk aplikasi tipuan.

3. Password

Survei yang dilakukan oleh berbagai pihak membuktikan bahwa orang  indonesia memiliki password yang mudah ditebak. Rata rata orang indonesia hanya memakai huruf saja untuk dijadikan password, itulah yang membuat akun lebih mudah dibajak. Dan juga yang palik parah adalah password tersebut ada dalam kontak informasi.
Cara menangani : gunakanlah password yang alay, karena password yang terdiri dari gabungan angka,huruf, dan simbol memiliki resiko terkecil untuk dibajak akun facebooknya.

Demikian cara cara melindungi akun anda dari penyalahgunaan fitur forgot password. Cara melindungi akun yang lain akan saya tulis berikutnya. Selamat mencoba dan jaga dengan baik akun anda.

Post a Comment for "Cara melindungi akun Facebook dari orang yang tidak bertanggung jawab"